MAKALAH
KEMACETAN SAMARINDA
DISUSUN OLEH :
AL AMIN HANA MEILANI
KELAS NON REGULER
JURUSAN FKIP PGSD
UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA
2013
Kata Pengantar
Puji syukur kita panjatkan kepada
Allah SWT atas segala karunia-Nya yang diberikan sehingga makalah saya yang
tentang Kemacetan Samarinda dapat
diselesaikan tepat pada waktunya.
Ini adalah salah satu kajian
yang sangat menarik bagi saya karena sebagai mahasiswa dituntut juga untuk
krisis dalam menghadapi masalah ini. Dan bagaimanapun dan kemungkinan apapun
bisa saja terjadi, namun bila kita menyikapinya secara kritis, paling tidak
kita dapat memebantu menemukan solusi dari permasalahan yang sangat vital ini
dimasa depan sehingga dapat menjadi tonggak meningkatnya pembangunan negeri
tercinta kita Indonesia.
Tujuan pembuwatan makalah ini
dibuwat agar para mahasiswa yang terbagi di dalam beberapa kelompok dengan
judul makalah yang berbeda-beda dapat bertukar pikiran dan mendiskusikan secara
bersama dari judul makalah tiap-tiap kelompok sehingga dapat memperluas
wawasan.
Saya sebagai penulis
memerlukan partisipasi rekan-rekan untuk memberikan masukan-masukan terhadap
makalah ini,dari penulisan kata serta penyampaian bahan makalah ini, Saya
menyadari masih banyak sekali kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena
pengetahuan yang saya miliki sangat terbatas, dan semoga dengan tersusunnya
makalah ini dapat menambah wawasan para mahasiswa, para pembaca sekalian dan
lebih khususnya lagi bagi saya sendiri.Aamiin
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
B.
TUJUAN
PENULISAN
C. RUMUSAN MASALAH
BAB II. PEMBAHASAN MASALAH
A.
FAKTA YANG
TERJADI ATAU YANG DITEMUKAN
B.
DAMPAK YANG
DITIMBULKAN
C.
SOLUSI YANG AKAN DILAKUKAN
BAB III. PENUTUP
A.
KESIMPULAN
B.
SARAN
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kemacetan
adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang
disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan
banyak terjadi di kota- kota besar di Indonesia, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi public yang baik atau
memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk.
Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari di kota-kota besar,misalnya
Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Medan dan Samarinda.
Permasalahan
Kemacetan Samarinda merupakan permasalahan yang sudah lumrah dan menjadi
sesuatu yang sudah biasa khususnya di kawasan Kalimantan Timur. Karena dampaknya
menjalar ke berbagai aspek kehidupan. Apabila permasalahan ini dapat
ditanggulangi maka pembangunan di pusat pemerintahan akan berjalan dengan lebih
baik, sehingga dapat mempercepat pembangunan di daerah – daerah lain di
Samarinda atau bahkan di Kalimantan Timur sendiri. Oleh karena itu dalam
makalah ini akan dipaparkan berbagai hal penting mengenai Permasalahan
Kemacetan Samarinda. Kemacetan telah menjadi isu yang sangat serius dari beberapa tahun terakhir. Dikhawatirkan di tahun 2014 mendatang Kota Samarinda akan mengalami kemacetan total.Perlu perhatian dan upaya serius dari pemerintah daerah untuk menanggulangi kemacetan. Selain itu, masyarakat juga harus turut andil dalam mengurangi kemacetan di kota Samarinda sendiri.
B. TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penelitian ini adalah agar mahasiswa lebih kritis terhadap masalah yang tengah melanda Kota Samarinda sebagai pusat pemerintahan sehingga dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran kelak dan sebagai sumber inspirasi bagi masyrakat luas agar lebih memahami dan kritis terhadap Permasalahan Kemacetan.Supaya masalah kemacetan yang terjadi di Samarinda ini dapat ditanggulangi.
B. TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penelitian ini adalah agar mahasiswa lebih kritis terhadap masalah yang tengah melanda Kota Samarinda sebagai pusat pemerintahan sehingga dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran kelak dan sebagai sumber inspirasi bagi masyrakat luas agar lebih memahami dan kritis terhadap Permasalahan Kemacetan.Supaya masalah kemacetan yang terjadi di Samarinda ini dapat ditanggulangi.
C. RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan uraian pada latar belakang tersebut, maka yang menjadi permasalah makalah
ini sebagai berikut :
Berdasarkan uraian pada latar belakang tersebut, maka yang menjadi permasalah makalah
ini sebagai berikut :
·
Fakta
yang terjadi atau yang ditemukan
·
Dampak
yang ditimbulkan
·
Solusi
yang akan dilakukan
BAB II
PEMBAHASAN MASALAH
A. FAKTA YANG TERJADI ATAU YANG DITEMUKAN
Kemacetan merupakan makanan sehari-hari bagi
penduduk di Indonesia, khususnya do kota Samarinda.Sebagai ibukota Provinsi Kaltim, tentu saja permasalahan yang dihadapi
pada transportasi darat adalah kemacetan. Kemacetan di kota Samarinda bukan hal
yang umum bagi warga Samarinda, bahkan hal ini sering terjadi hampir setiap
hari di wilayah Samarinda. Beberapa bulan terakhir, Kota Samarinda mengalami
macet luar biasa di berbagai titik, berdasarkan data
Dinas Perhubungan, titik macet di Kota Samarinda sebanyak 9 titik. Antara lain
ruas jalan MT. Haryono, Lambung Mangkurat, Gajah Mada, Antasari, Pulau Banda,
Mulawarman, PM Noor, Otto Iskandardinata, dan Bhayangkara. Di tandai semakin
panjangnya antrean kendaraan di lampu lalu-lintas, dan kian lambatnya laju
kendaraan di berbagai ruas jalan raya.
Kemacetan Samarinda selalu terjadi pada hari-hari besar, hari-hari libur, jam
istirahat kerja atau jam pulang kerja, macet karena banjir dan kemacetan sering
terjadi pada antrian SPBU akhir-akhir ini. Kemacetan
Samarinda selalu terjadi pada hari-hari besar, hari-hari libur, jam istirahat
kerja atau jam pulang kerja, macet karena banjir dan kemacetan sering terjadi
pada antrian SPBU akhir-akhir ini. Dan pemusatan pembangunan berada di
tengah-tengah kota seperti kantor
pemerintahan, bank, mal/swalayan hingga aktivitas perdagangan atau perkantoran
terletak di pusat kota Samarinda.Segala aktivitas masyarakat dari berbagai profesi
bidang ini, menyebabkan terjadinya kepadatan penduduk di pusat kota. Dan setiap
tahun jumlah kendaraan dari
berbagai jenis selalu meningkat, misalnya saja untuk jenis sepeda motor perbulan
3.500 unit dan rata-rata 118 unit per hari dan untuk sejenis mobil
pertambahannya mencapai 500 unit per bulan atau rata-rata 18 hingga 19 unit per
hari. Ironisnya, pertumbuhan kendaraan itu tidak diiringi infrastruktur jalan. Bahkan, sarana dan prasarana jalan cenderung tidak bertambah
sementara jumlah kendaraan tumbuh dengan pesat, hal ini yang sering
mengakibatkan kemacetan di jalan raya yang gak bisa dihindari, pengendara yang
seenaknya mengendarai kendaraannya tanpa melihat dan mematuhi rambu-rambu lalu
lintas yang sudah di keluarkan pemerintah.
Fakta yang terjadi
salah satunya kemacetan yang ditimbulkan akibat antrian pengisian BBM
di SPBU. Seperti SPBU di Jalan Kusuma Bangsa, tak jarang antrian sepeda motor
dan mobil memenuhi badan jalan hingga ke
depan kantor Balai Kota Samarinda dan
depan Hotel Mesra.Dan kemacetan sering terjadi di seputaran Jalan PM
Noor, disitu banyak kendaraan truk besar, bus dan kendaraan lain yg berbahan
baku solar.
Macet
akan parah apabila musim hujan akan turun dan disertai banjir. Terjadi banjir
sehingga kendaran akan memperlambat kendaraan yang melintas disini Banjir juga
menyebabkan jalan menjadi rusak dan menimbulkan kemacetan. Salah satunya di
titik-titik yang sering terjadi di kawasan simpang Mol Lembuswana Samarinda, Simpang
empat Sempaja, Jalan Antasari dan Jalan Pemuda. Kondisi ini memang tidak bisa
dihindari karena disebabkan oleh peristiwa alam.
Kemacetan yang rawan terjadi dan
paling parah di kawasan sekitar Jembatan Mahakam Samarinda.
Hingga sekarang Jembatan Mahakam masih menjadi satu-satunya jalur perlintasan
bagi masyarakat Samarinda. Sebenarnya, Jembatan Mahakam memang kerap dilanda
kemacetan baik saat hari-hari biasa, terlebih saat hari-hari besar seperti musim
lebaran, macetnya itu sepanjang hari H-2 atau H+2 itu macetnya mulai pagi
sampai jam 10 malam.
Kalau
hari biasa itu macetnya di jam-jam tertentu seperti pada sore hari waktu orang
pulang kerja. Titik yang sering terjadi kemacetan di Simpang empat Air Hitam, Simpang tiga Jalan
Anggur, dan Simpang empat Sempaja.
D. DAMPAK YANG DITIMBULKAN
Kemacetan di jalan raya
khususnya di wilayah dan kota Samarinda sangatlah rugi,baik bagi pemerintah kota
sendiri dan khususnya bagi sipengguna jalan.Dampak yang ditimbulkan kemacetan
disamarinda antara lain :
- · Dampak Pada Perekonomian
Dampak
yang ditimbulkan karena kemacetan berpengaruh pada perekonomian kota Samarinda,
secara ekonomis kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah pertahunnya. Menurut Drs Adi Suroso MM pengamat
ekonomi dari Universitas 17 agustus 1945 Samarinda menyebut, sepanjang tahun
2010 angka kerugian terkecil akibat macet ini diperkirakan mencapai 3,6 miliar
rupiah. Asumsinya, untuk satu kendaraan yang melintas dan terjebak macet selama
10 - 15 menit membutuhkan BBM 1/10 liter atau setara Rp 500 untuk harga BBM
bersubsidi. Nilai itu jika dikalikan 20.000 kendaraan maka kerugian ditaksir
mencapai 10 juta rupiah per-harinya. Dengan begitu dalam tempo satu tahun
kerugian ditaksir mencapai 3,6 miliar rupiah atau setara 720 ribu liter BBM
yang dibuang percuma. Jumlah inipun belum termasuk kerugian waktu demi untuk
membayar sebuah kata “macet”. Itupun belum sebanding dengan total kendaraan
yang konon mencapai 600 ribu unit. Jika keseluruhan kendaraan melintas secara
bersamaan dan seluruhnya terjebak macet bisa dibayangkan kerugiannya. Bukan
lagi angka 3,6 miliar tapi bukan mustahil belasan miliar rupiah dihamburkan
dijalanan untuk sesuatu yang tidak menguntungkan.
- · Dampak Pada Kesehatan
Meningkatkan
polusi udara karena pada kecepatan rendah konsumsi energi lebih tinggi, dan
mesin tidak beroperasi pada kondisi yang optimal. Setiap
partikel karbondioksida yang dikeluarkan oleh kendaraan pun menjadi bagian yang
membahayakan bagi para pengguna jalan dan penduduk di sekitar daerah kemacetan. Penyakit pernafasan, jantung, dan kangker adalah sebagian efek samping yang kerap menjadi perhatian.
B. SOLUSI YANG AKAN DILAKUKAN
Berkaitan dengan kemacetan di samarinda, ada berbagai cara bisa di tempuh yakni dengan melebarkan ruas jalan atau membangun jalan baru, membangun ring road agar seluruh kendaraan antar kota tidak lagi memasuki jalur kota dan menambah deretan kemacetan. Sebaliknya dengan keberadaan jalur ring road kemacetan parah bisa diminimalisir. Membangun jembatan layang di Samarinda. Kemacetan yang terjadi di kawasan jembatan Mahakam sebaiknya dibuwat 2 jalur. Selanjutnya yakni percepat pekerjaan jembatan Mahakam kembar. Langkah lainnya yakni dengan memperbaiki ruas jalan yang mengalami kerusakan akibat banjir. Karena kerusakan ruas jalan turut mempengaruhi kelancaran arus lalu lintas. Imbasnya di beberapa lokasi terjadinya kemacetan disebabkan kerusakan ruas jalan.Dan mohon aturan lalu lintas ditegakkan. Pengendara harus diajari disiplin. Setiap pelanggaran harus ditilang. Kendaraan yang tak memenuhi syarat harus dikandangkan. Samarinda akan jauh lebih baik apa bila semua solusi dilakukan baik bagi pengguna kendaraan dan pemerintah Kota Samarinda.
B. SOLUSI YANG AKAN DILAKUKAN
Berkaitan dengan kemacetan di samarinda, ada berbagai cara bisa di tempuh yakni dengan melebarkan ruas jalan atau membangun jalan baru, membangun ring road agar seluruh kendaraan antar kota tidak lagi memasuki jalur kota dan menambah deretan kemacetan. Sebaliknya dengan keberadaan jalur ring road kemacetan parah bisa diminimalisir. Membangun jembatan layang di Samarinda. Kemacetan yang terjadi di kawasan jembatan Mahakam sebaiknya dibuwat 2 jalur. Selanjutnya yakni percepat pekerjaan jembatan Mahakam kembar. Langkah lainnya yakni dengan memperbaiki ruas jalan yang mengalami kerusakan akibat banjir. Karena kerusakan ruas jalan turut mempengaruhi kelancaran arus lalu lintas. Imbasnya di beberapa lokasi terjadinya kemacetan disebabkan kerusakan ruas jalan.Dan mohon aturan lalu lintas ditegakkan. Pengendara harus diajari disiplin. Setiap pelanggaran harus ditilang. Kendaraan yang tak memenuhi syarat harus dikandangkan. Samarinda akan jauh lebih baik apa bila semua solusi dilakukan baik bagi pengguna kendaraan dan pemerintah Kota Samarinda.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Setelah merancang makalah Kemacetan Samarinda, dan sudah kit abaca, maka dapat diambil dan kesimpulannya sebagai berikut :
a. Kemacetan
merupakan situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapitas jalan. Dan menimbulkan beberapa fakta akibat macet antara lain antrian SPBU, akibat banjir dan menimbulkan kerusakan jalan.
b. Dampak
kemacetan dapat berimbas terhadap berbagai aspek seperti aspek perekonomian,
dan kesehatan.
c. Cara
menanggulangi dan meminimimalisir kemacetan adalah dengan pembangunan sarana
dan prasarana bagi para pengguna jalan. Dan pengguna jalan harus mentaati
aturan-aturan lalu lintas yang ada.
d. Sebagai
mahasiswa kita harus kritis dan menanggapi dengan cepat permasalahan kehidupan
yang terjadi saat ini seperti permasalahan kemacetan di Samarinda. Paling tidak
dari hal kecil, sehingga untuk hal besar kita akan lebih siap menghadapinya
bahkan dapat menanggulanginya.
B. SARAN
B. SARAN
Kepada masyarakat Samarinda agar lebih menaati peraturan lalu lintas dan
manfaatkanlah transportasi umum sehingga penggunaan kendaraan pribadi dapat
diminimalisir. Bagi pemerintah kota Samarinda agar membangun sarana dan
prasarana yang memadai bagi pengguna jalan sehingga dapat memberikan kenyamanan
dan meminimalisir kemacetan.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar