Senin, 16 Desember 2013

Kuis IPA



1.    Jelaskan metode pembelajaran yang tepat untuk IPA di SD dan berikan alasannya ?
Jawabannya :Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, curah pendapat, simulasi, sandiwara, demonstrasi, praktek lapangan, permainan, percobaan, experimental method, metode karyawisata, latihan ketrampilan, metode inquiri. Alasan kenapa harus memakai metode-metode ini adalah agar aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga proses belajar berjalan dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai.

2.    Jelaskan perbedaan antara metode demokrasi, simulasi dan eksperiment ?
Jawabannya :Metode demokrasi adalah tehnik mengajar dengan memvariasikan lisan dengan suatu kegiatan ( penggunaan suatu alat ).
Metode simulasi adalah bentuk metode praktek yang sifatnya untuk mengembangkan ketrampilan peserta belajar ( Ketrampilan mental maupun fisik/teknis )
Metode eksperiment adalah metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan.

3.    Jelaskan menurut anda langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh seorang guru untuk memotivasi peserta didiknya agar tertarik belajar IPA ?
Jawabannya :Lebih baik guru menggunakan metodelogi pembelajaran “ PAIKEM GEMBROT “ dengan arti Pembelajaran Aktif, Inovasi, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot, guru dapat menyajikan dengan atraktif atau menarik dengan hasil terukur sesuai dengan yang diharapkan siswa agar tidak bosan dan memacu mereka dalam menyukai pelajaran IPA itu sendiri.

4.  Jelaskan factor-faktor apa saja yang menyebabkan kualitas pendidikan kita rendah terutama pada pembelajaran IPA di SD ?
Jawabannya :Kurangnya partisipasi atau minat siswa dalam pembelajaran IPA
                           Guru yang mengajar dengan menggunakan metode yang monoton
                           Minimnya media buku pelajaran IPA itu sendiri
                           Dalam mengerjakan tugas dan pembelajaran isi materi IPA siswa kurang aktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar