1. Jelaskan
metode pembelajaran yang tepat untuk IPA di SD dan berikan alasannya ?
Jawabannya :Metode
pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, curah pendapat, simulasi,
sandiwara, demonstrasi, praktek lapangan, permainan, percobaan, experimental
method, metode karyawisata, latihan ketrampilan, metode inquiri. Alasan kenapa
harus memakai metode-metode ini adalah agar aktivitas yang tersistem dari
sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling
berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga proses belajar berjalan
dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai.
2. Jelaskan
perbedaan antara metode demokrasi, simulasi dan eksperiment ?
Jawabannya
:Metode demokrasi adalah tehnik mengajar dengan memvariasikan lisan dengan
suatu kegiatan ( penggunaan suatu alat ).
Metode simulasi adalah bentuk metode praktek
yang sifatnya untuk mengembangkan ketrampilan peserta belajar ( Ketrampilan
mental maupun fisik/teknis )
Metode eksperiment adalah metode pemberian
kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok untuk dilatih melakukan
suatu proses atau percobaan.
3. Jelaskan
menurut anda langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh seorang guru
untuk memotivasi peserta didiknya agar tertarik belajar IPA ?
Jawabannya
:Lebih baik guru menggunakan metodelogi pembelajaran “ PAIKEM GEMBROT “ dengan
arti Pembelajaran Aktif, Inovasi, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan
Berbobot, guru dapat menyajikan dengan atraktif atau menarik dengan hasil
terukur sesuai dengan yang diharapkan siswa agar tidak bosan dan memacu mereka
dalam menyukai pelajaran IPA itu sendiri.
4. Jelaskan
factor-faktor apa saja yang menyebabkan kualitas pendidikan kita rendah
terutama pada pembelajaran IPA di SD ?
Jawabannya
:Kurangnya partisipasi atau minat siswa dalam pembelajaran IPA
Guru yang mengajar dengan menggunakan
metode yang monoton
Minimnya media buku pelajaran IPA itu
sendiri
Dalam mengerjakan tugas dan pembelajaran
isi materi IPA siswa kurang aktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar